26 November 2020

5 tips jitu mempersiapkan dana pensiun terbaik untuk hari tua

Siapkan perencanaan dana pensiun Anda dengan cermat dan tepat, nikmati masa pensiun yang nyaman dan bahagia.

Setiap mahluk hidup akan menua, begitu pula dengan kita semua. Ketika masa itu terjadi kita semua akan kehilangan pendapatan, kesehatan dan sekaligus kemampuan secara fisik, seiring dengan bertambahnya umur. Sebelum ketidakmampuan itu terjadi, mempersiapkan diri untuk menghadapi hari tua adalah sebuah keharusan, agar kita tidak menjadi beban anak dan cucu dikemudian hari. Salah satu cara untuk mempersiapkan diri menghadapi pensiun adalah mengikuti program dana pensiun terbaik atau yang sering disebut Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).

Berikut adalah 5 tips jitu untuk mempersiapkan dana pensiun terbaik

1. Tentukan gaya hidupmu di masa depan


Gaya hidup saat pensiun sangat menentukan besaran dana yang dibutuhkan pada saat menjalani hari tua. Umumnya gaya hidup yang akan dijalani saat pensiun mengalami penurunan menjadi 80% dari gaya hidup kita sekarang. Alasannya adalah saat pensiun mungkin kita akan menghilangkan biaya transportasi yang biasa kita gunakan untuk bekerja kekantor, baju kerja dll. Namun yang perlu diperhatikan adalah biaya kesehehatan yang akan meningkat seiring dengan bertambahnya umur. Saya menyarankan agar Anda memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa agar kita semakin tenang dalam menjalani masa pensiun. Anda bisa hitung kebutuhan dana pensiun Anda di kalkulator finansial disini.

biaya kesehehatan yang akan meningkat seiring dengan bertambahnya umur.

-

2. Pilih dana pensiun terbaik


Memilih dana pensiun terbaik adalah yang selanjutnya Anda lakukan. Salah satu lembaga keuangan yang menyediakan program dana pensiun adala WanaArtha DPLK. WanaArtha DPLK menyediakan program perencanaan dan pengelolaan dana pensiun baik untuk nasabah individu maupun kumpulan. Untuk lebih jelas silahkan kunjungi www.wanaarthalife.com atau kill disini.

3. Bayar iuran secara konsisten


Setelah mendaftar di program DPLK selanjutnya adalah membayar iuran secara rutin jika Anda memutuskan untuk membayar iuran secara bulanan, meskipun ada pula DPLK yang memiliki fasilitas iuran sekaligus. Hal ini melatih kita untuk membiasakan diri menabung untuk hari tua dan kita semakin percaya diri seiring bertambahnya umur menuju masa pensiun.

4. Monitor berkala perkembangan dana Anda


Anda bisa melihat perkembangan dana Anda dan bisa memprediksikan kapan dana yang Anda targetkan cukup. Biasayanya dana pensiun terbaik memberikan akses kepada peserta untuk memantau perkembangan dananya melalui aplikasi maupun web based, fitur-fitur itu bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya demi kelancaran tujuan keuangan Anda.

5. Tambahkan dana diluar iuran rutin


Jika memliki rejeki berlebih seperti mendapat bonus tahunan, Anda bisa menambahkan langsung ke dana pensiun agar target dana semakin cepat tercapai. Dengan demikian Anda bisa lebih leluasa merealisasikan rencana keuangan yang lain seperti liburan, perjalanan rohani dll.


Back
  • Share