2 Desember 2020

4 hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam menghadapi hari tua

Banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk menghadapi hari tua, Berikut 4 hal yang perlu dipertimbangkan

Ketika membicarakan mengenai hari tua tentu banyak hal yang harus dipersiapkan, mulai dari mental sampai dengan kecukupan dana yang akan dipergunakan saat menjalani masa pensiun nanti. Banyak dari masyarakat Indonesia belum memahami berbagai fakta yang sering dialami ketika memasuki masa pensiun. Hal yang paling mendasar yang perlu dipertimbangkan dan harus mendapatkan perhatian khusus adalah menentukan tujuan hari tua. Selain memilih DPLK terbaik, berikut adalah 4 hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk menghadapi hari tua.

1. Menetapkan tujuan hari tua

Merencanakan hari tua yang efektif adalah dengan memulai mengidentifikasi keperluan dan dan memprioritaskannya untuk tujuan pensiun. Diantaranya adalah masalah pendapatan, apakah pendapatan Anda saat ini akan cukup untuk memenuhi gaya hidup yang diinginkan saat pensiun nanti? Jika tidak, apa yang harus dilakukan untuk memenuhinya. Ingat, saat pensiun Anda akan kehilangan pendapatan bulanan seperti layaknya Anda masih bekerja.

Tujuan hari tua harus realistis dan mampu untuk dicapai, misalkan Anda bertujuan menikmati hari tua dengan berwisata bersama keluarga dan melakukan perjalanan rohani tentu akan membutuhkan dana yang lebih besar. Penetapan tujuan hari tua sangat penting agar perencanaan keuangan, khususnya perencanaan pensiun Anda lebih terarah.

2. Memperkirakan besaran sumber dana hari tua

Selanjutnya adalah memperkirakan besaran dana yang dibutuhkan saat menjalani hari tua. Anda bisa memanfaatkan financial kalkulator di website WanaArtha Life di bagian financial kalkulator. Selain besaran dana yang dibutuhkan dalam financial kalkulator juga memberi saran Anda besaran dana yang harus Anda investasikan secara bulanan maupun tahunan. Jika besaran dana sudah didapat selanjutnya bagaimana cara mencapainya. Umumnya besaran dana pensiun yang dibutuhkan akan terasa sangat besar, sehingga kita harus memaksimalkan aset yang dimiliki dan memenuhi kekurangan dananya.

3. Bagaimana mendanai kekurangannya

Kecukupan dana pada saat pensiun akan membantu kelancaran dan meningkatkan kenyamanan Anda pada masa tua. Jika jumlah dana dari tabungan dan investasi masih kurang, Anda bisa mengikuti program Lembaga Pengelola Dana Pensiun seperti DPLK terbaik dari WanaArtha, yang memiliki Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP) untuk mencapai target dana yang diinginkan. Dalam hal ini perlu diperhatikan juga mengenai hutang baik hutang personal atau yang bersifat cicilan. Sebelum memasuki pensiun hutang dan cicilan harus diselesaikan terlebih dahulu, pastikan Anda menjalani hari tua dengan tenang dan terbebas dari hutang.

4. Masalah asuransi dan perawatan kesehatan

Salah satu yang harus diperhatikan pada saat menjalani hari tua adalah masalah kesehatan dan asuransi. Pada saat pensiun, ketika kondisi tubuh kita mulai menurun tentu masalah kesehatan akan semakin sering terjadi. Selain melakukan olah raga yang rutin dan mengatur pola makan yang sehat, perlindungan asuransi kesehatan sangat perlu dimiliki supaya tidak mengganggu dana yang sudah terkumpul. Informas kesehatan bisa Anda temukan di www.wanaarthalife.com.


Back
  • Share