3 Desember 2020

6 kesalahan umum dalam perencanaan hari tua

Jangan sampai salah merencanakan hari tuamu agar masa senjamu lebih sejahtera

Merencanakan hari tua sangatlah penting, banyak faktor yang perlu diperhatikan agar proses mempersiapkan pensiun semakin efektif. Menentukan tujuan yang realistis dan merencanakan dengan hati-hati akan membantu Anda merealisasikan tujuan hari tua dengan lebih baik lagi. Selain memilih program DPLK terbaik, banyak hal yang harus dilakukan seperti menabung, berinvesatasi. Selain hal diatas, yang tidak kalah penting dlaam persiapan hari tua adalah menjaga kesehatan baik secara fisik maupun mental. Namun masih banyak masyarakat belum menyadari kesalahan-kesalahan yang tidak boleh dilakukan saat merencanakan hari tua.

Berikut adalah 6 kesalahan umun yang sering terjadi dalam perencanaan hari tua.

1. Gagal merencanakan hari tua

“Gagal merencanakan, berarti berencana untuk gagal”, itulah ungkapan yang sering digunakan untuk menggambarkan ketidakmampuan dalam merencanakan sesuatu. Kebanyakan orang terlalu berfokus memikirkan kebutuhan pada saat ini dan terlalu sedikit memperhatikan kebutuhan masa depan, terutama kebutuhan hari tua. Tidak sedikit orang yang justru pasrah dengan keadaan dan menjalani hari tua dengan menjadi beban anak dan cucunya. Sebagai generasi yang pintar dan mandiri, tentu kita tidak ingin masa tua menjadi beban keluarga, rencanakan sejak dini tujuan pensiun secara mendetail, rencanakan pembiayaannya, dan konsisten sampai dengan waktu yang telah ditentukan.

Gagal merencanakan berarti berencana untuk gagal

-

2. Terlambat memulai rencana hari tua

Banyak dari kita yang masih menunda-nunda mempersiapkan hari tua. Tanpa disadari semakin lama menunda semakin terasa berat karena dana yang harus disiapkan terlalu besar. Akibatnya kita kehilangan hal yang paling penting dalam perencanaan hari tua yaitu “waktu”. Waktu sangat penting dalam menyiapkan dana pensiun. Semakin besar dana yang kita targetkan, semakin membutuhkan waktu yang lebih panjang untuk mencapainya. Maka dari itu mulailah merencanakan hari tuamu dari sekarang. Anda bisa mengikuti Program Pensiun yang diselenggarakan oleh WanaArtha DPLK terbaik, agar perencanaan hari tua Anda semakin matang.

3. Hari tua secara mental

Membangun mental yang benar mengenai hari tua sangatlah penting. Masa pensiun adalah masa dimana Anda bebas melakukan hobbi yang anda gemari. Misalnya mempunyai hobbi berkebun, maka Anda memiliki waktu yang banyak untuk melakukannya. Walaupun kita harus menyadari bahwa saat tua tubuh akan mengalami penurunan fungsi dan gampang terkena penyakit, selama melakukan olah raga teratur dan mengatur pola makan yang baik serta memiliki asuransi kesehatan yang cukup, maka Anda akan lebih merasa aman dan nyaman dalam menjalani masa pensiun.

4. Mengabaikan inflasi

Dalam menghitung besaran dana yang dibutuhkan sering kali kita hanya memasukkan return investasi dan mengabaikan inflasi. Kita harus menyadari semakin hari kebutuhan pokok harganya semakin tinggi, penting bagi kita untuk memasukan inflasi kedalam rencana hari tua agar semakin akurat. Anda bisa menghitung kebuthan dana hari tua termasuk memasukkan return investasi dan inflasi di financial calculator di website WanaArtha Life.

5. Menabung terlalu sedikit

Saat ini banyak orang yang lebih sering mengeluarkan uang untuk berbelanja dan mengabaikan menabung untuk masa tua, padahal menabung untuk masa depan sangatlah penting. Tentukan besaran menabung dan lakukan secara konsisten, agar memiliki dana yang cukup dimasa depan. Anda juga bisa menghitung berapa dana yang harus disisihkan setiap bulan untuk mencapai target dana pensiun, di financial calculator di website WanaArtha Life.

6. Berinvestasi terlalu konservatif

Dalam melakukan investasi hendaknya mempertimbangkan faktor "jangka waktu". Jika memiliki jangka waktu yang panjang misalnya lebih dari 10 tahun atau 20 tahun, maka instrument investasi yang tepat adalah saham. Meskipun saham memiliki risiko yang relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan instrument lain, dengan rentang waktu yang panjang saham akan lebih efektif. Hal tersebut akan membantu mempercepat dalam mencapai target dana yang sudah ditentukan. Sebaliknya jika terlalu konservatif dalam memilih instrumen investasi, maka target dana yang ditentukan akan semakin sulit tercapai, atau memrlukan waktu yang lebih lama.

Di WanaArtha DPLK memiliki pilihan investasi pengembangan dana pensiun yang lengkap dari instrumen investasi pendapatan tetap, pasar uang sampai dengan saham. Kunjungi www.wanaarthalife.com untuk informasi lebih lanjut.


Back
  • Share